Senin, 10 Januari 2011

Aku yang bertanya

AKU YANG BERTANYA


Negri apa ini ?
Aku baca di Koran lihat di televisi
Gayus Tambunan gelapkan Pajak gasak 1,7 Triliun
Bebas pelesiran ke luar negeri
Pejabat ribut dan debat calon presiden 2014
Korupsi lagi terbongkar lagi
Disana sini Korupsi
Disana-sini maklar kasus
Hukum tumpul keadilan kabur
Semua kasus tidak ada yang tuntas
Semuanya basa basi ya percuma
Yang salah tidak dipenjara bahkan disematkan lencana di dadanya


Negri apa ini ?
Aku baca di Koran lihat di televisi
Pasangan Maksum dan Rohani asal Cirebon gantung diri
Keduanya buruh kebun tebu
Di Kebumen pemuda Samsul Fatah minum racun serangga
Penyebabnya tak bisa bertahan hidup akibat beban ekonomi yang kian berat
Upah nya murah dan tak naik-naik
Padahal harga kebutuhan pokok kian tinggi
Karena sudah tidak bisa beli beras
Enam bersaudara di Jepara keracunan tiwul , tewas
Jawa Tengah Surplus beras, 2,9 juta ton per tahun, semua itu kemana?
Di Jakarta Agus Sumartono Loncat dari lantai 6 Blok M Square
Di PHK, lama menganggur tak juga bisa dapat kerja
Jutaan rakyat prustasi mengakhiri hidup jadi solusi


Negri apa ini?
Aku baca di Koran lihat di televisi
Ratusan TKI pulang dalam peti mati
Di setrika, diperkosa, mulut di gunting dicaki maki
Ratusan TKI terlunta lunta diarab Saudi
Sepi tdk ada kata sekan semua tutup mata
Upahnya murah potongan nya tinggi
Diperbudak diperas dari berangkat hinga pulang


Negri apa ini?
Aku baca di Koran lihat di televisi
Ribuan buruh di PHK
Puluhan pabrik gulung tikar
Demo lagi aksi lagi
Upah murah, tak dibayar yang ada terus di rampas
Sementara ribuan orang cari kerja berbaris dipintu-pintu pabrik


Negri apa ini sebenarnya?
Aku baca di Koran lihat di televisi
Katanya negeri agraris
Beras susah, Gabah murah kedelai impor
Jutaan petani tak punya tanah yang ada terus di rampas
Jadi pabrik, jadi Apartemen, Lapangan golf dan jalan tol
Ini karenaTanah di monopoli oligarki
Petani Melawan, pasti di tangkap, ditembak masuk jeruji besi dan peti mati


Negri apa ini sebenarnya
Jutaan pemuda desa tak kerja
Anak kecil tak sekolah
Pemulung pengamen semakin bertambah
Para Penguasanya Kaya Raya
Rakyatnya makan dari Mengais Sampah


Negri apa ini sebenarnya
Kaya raya tapi rakyatnya tak berpunya
Subur makmur tapi rakyatnya tak pernah bisa tidur
Benda-benda telah menjadi fana terkubur
Negri merdeka, tapi rakyat tak punya kuasa

Dan kini biarkan aku terus bertanya melebur, menyatu dengan gelombang
Lantunkan sajak, dendangkan tembang
Gelorakan pembebasan untuk hari esok negri yang lebih gemilang.


kang roedy, RTM: 09012011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar